18 April 2008

Jilbab, haruskah...???


Ini sebenernya obrolan aku sama temenku. Ceritanya pas dia pertama masuk kuliah di salah satu PTN di Jogja. Trus ada acara makrab, ternyata disitu ada acara dimana mereka (dia ma temen2nya) dikasih .. kayak ceramah gitu.. yang disitu ngebahas soal jilbab. Di antara banyak orang(mahasiswi) di tempat itu cuma dia(temenku) yang ga pake jilbab, akhirnya dia ditanya sama salah satu seniornya dan singkat cerita keduanya terlibat dalam perdebatan panjang.

Intinya dia disuruh pake jilbab tapi temenku juga ga mau kalah dia bilang ''jilbab itu masalah pribadi buat apa pake jilbab kalo yang dijilbapin cuma tertentu tok??''.

Aku setuju sama pendapat temenku. Menurutku jilbab bukanlah suatu keharusan. Jilbab itu harusnya dijadiin kelakuan bukan cuma pakaian. Fenomena selama ini jilbab hanya dipake buat ke kampus sama ke acara2 resmi. Di luar itu ya entahlah.

Memang ada keharusan kita memakai jilbab tapi jangan kita hanya mengartikan secara harfiah tok. JIlbab itu seharusnya diartikan sampe yang bener-bener jilbab . Jangan hanya dijadikan seragam.

Tidak ada komentar: